1. Mengikuti
masa awal persiapan, meeting beebrapa kali dengan principal dalam hal ini
client perusahaan atau EO.
2. Menyusun
Program Outline untuk dibahas dalam meeting acara.
3. Membuat
draft rundown script untuk keputusan-keputusan yang sudah diambil untuk susunan
acara.
4. Membuat
rundown final apabila susunan acara berdasarkan draft sudah di approve.
5. Mulai
melakukan komunikasi dengan seluruh talent / artis/band, untuk membicarakan
perihal kreatifitas pemanggungan, perihal teknis dan non teknis.
6. Melakukan
komunikasi dalam meeting yang baik (sebisa mungkin di ruang yang private),
meeting berkwalitas yaitu hingga seluruh tim kerja paham dan mengerti secara
total apa maksud dan tujuan acara, bagaimana konsep dan mekanisme yang kita
mau, hingga hal-hal teknis sound system, cue card dll.
7. Membuat
Cue Card, hal ini biasanya saya serahkan kepada Stage Manager untuk membuat
nya, dan melakukan briefing final dengan MC sebelum acara berlangsung. Dengan
stage manager yang membuat cue card ini berguna agar Stage Manager juga dpt
menijiwai acara ini dengan baik dan total, meyatukan emosi antara stage
management dan talent.
8. Biasa nya
pada saat Hari H sebelum rehearsal saya melakukan setup perlengkapan saya di
FOH console sambil berkenalan dengan seluruh operator yang ada di FOH console,
saya mulai melakukan re- brief singkat kepada seluruh operator yang berada di
FOH console sambil saya check akhir technical di FOH.
9. Melakukan
check teknis, Alat Komuniksi (HT / Clearcomm), sound, light, video dll.
10.
Melakukan check props dan stage environment kepada stage manager di belakang
panggung menggunakan Handy Talkie / clearcomm, sambil sekalian melakukan
absensi kepada seluruh tim.
11.
Menyaksikan GR yang dipimpin oleh stage manager, memberikan masukan-masukan dan
revisi-revisi seperlunya kepada stage managr.
12. Apabila
waktu memungkinkan maka saya pasti akan melakukan gladi bersih, atau latihan
duplikasi acara, seluruh talent menggunakan sampel kostum nya masing-masing,
urutan materi acara dijalankan sesuai urutan didalam rundown. Apabila waktu
tidak memungkinkan maka saya biasa melakukan rehearsal per items, materi isi
acara saya coba mulai dari materi yang krusial hingga materi yang lain nya.
Biasa nya untuk rehearsal MC saya lakukan terakhir.
13.
Selebihnya adalah review dengan client/promotor, stage team, berdoa bersama
dan memberikan motivasi terakhir kepada seluru tim, bersiap untuk meng
eksekusi acara.
14. Goodluck
Guys!!
No comments:
Post a Comment